.feed-links{ display:none;

Selasa, 12 Mei 2015

Klappertaart

Hari ini punya banyak stok kelapa muda..yg terpikir adalah bikin sesuatu yg manis dan simple utk sajian pembuka berbuka puasa nanti(kebetulan hr ini hari pertama puasa ramadhan 2014 yg bertepatan jg pertama kalinya saya ngeblog)
Akhirnya,pilihan saya jatuh padaaa..y 'klappertaart versi original'.emang ada yg palsu??(hehe..ada2 aja).
Saya sdh lama pengen eksekusi tp terkendala stock kelapa muda yg gak sewaktu2 ada. Dan masih bingung jg menentukan resep mana yg pas dan cucok di hati..setelah ngelihat beberapa resep,akhirnya saya jatuh hati pd kumpulan resep femina primarasa yg kelihatan simple cara buatnya dan tentunya hemaat telur(dasar emak2 suka ngiriit..)
Alhamdulillah,meski ini yg pertama kalinya saya buat klapertaart. Tp,insya Allah soal rasa dan tekstur pas banget. Resep ini cocok utk yang mencari jenis klapertaart yg lembut membelai lidah seperti puding ditambah rasa 'light' dan manis dari topping 'meringue'- nya. Plus aroma kayu manisnya yg mild dan vanilla membaur harum di indera penciuman. Jika ingin rasa cinnamon yg kuat bisa ditambah porsi kayu manisnya.
yah,drpd berputar2..yuk kita simak resep dan cara buatnya:



resep:
100 gr gulpas
100 gr kelapamuda kopyor(atau kelapa hijau yg muda)
1/4 sdt vanili
4 kuning telur
2 putih telur
75 ml skm
250 ml susu uht(lbh enak susu evaporasi..lg gk ada stock)
50 gr terigu pro sedang
50 gr kismis rendam air panas
75 gr kenari cincang(optional..lg gak ada stock jg)
2 btg kayu manis(Saya ganti 1/2 sdt kayu manis bubuk)
Kayu manis bubuk utk taburan

lapisan:
2 putih telur
1/4 sdt cream of tar2(saya skip)
1 sdm gula pasir

Cara:
- masukkan 150 ml susu uht dengan gula,skm,kayu manis dan vanila ke saucepan/atau panci. Masak dgn diaduk hingga gula larut. Gunakan api sedang.
setelah itu,masukkan larutan terigu (100 ml susu + terigu)dan telur (Kutel dan putel dikocok lepas) ke larutan susu dan gula(ambil kayu manisnya)aduk hingga agak kental. Lalu matikan api.
- Kemudian masukkan kelapa muda dan kenari cincang dan aduk rata.
- Panggang dengan suhu 180°C dg cara au bain marie selama 15 menit
sementara itu kocok putih telur hingga setengah mengembang. Masukkan gula bertahap.Kocok dg speed tinggi hingga stiff peak/kaku.
Setelah 15 menit keluarkan adonan,topping dg putih telur kocok tadi.Lalu panggang dg api atas selama 7 menit.

Note:
Utk mendapatkan tekstur yg halus.larutan tepung dan telur dicampur rata kemudian disaring sebelum dimasukkan ke larutan susu dan gula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar