.feed-links{ display:none;

Selasa, 12 Mei 2015

Pie with Flourless Chocolate Cake Filling

Bismillah

PIE WITH FLOURLESS CHOCOLATE CAKE FILLING


      Sudah cukup lama saya tidak membuat pie, kemarin kok pengen banget bikin pie tapi dengan 'filling' yang beda. Kebetulan mampir ke blog mba Endang justtryandtaste yang posting pie brownies. Daan sudah beberapa hari ini saya pantengin resep-resep 'cake' tanpa terigu di buku resep SAJI terutama di resep 'cake coklat'- nya. Ok..berseliweran ide menggabungkan 'flourless chocolate cake' sebagai isian pie saya kali ini. Kenapa saya tidak gunakan resep brownies seperti yang sudah banyak dicoba teman2 grup di NCC maupun blogger???...alasan saya sederhana,karena saya gak ingin makan 'double' tepung terigu..baik dari pie nya sendiri maupun di isian brownies- nya...saya ingin rasa 'crunchy' pie berpadu dengan cake coklat yang lembuut dan tanpa terigu. Dari segi penampilan, memang kalah 'kinclong dan cantik' dibanding pie brownies yang tentunya 'shiny crust-nya' aduhai menggoda iman..^-^.Lebih2 yang memakai resep Triple Chocolate River sahabat dumay saya mba Ummu Allegra yang Maa Syaa Allah fenomenal itu*bakal lebih silau lagi.... Tapi,bagi yang mencari sensasi rasa coklat tanpa terigu,resep ini layak dicoba..
      Karena 1 resep flourless ini rupanya setelah diisikan ke kulit pie masih bersisa..ya,akhirnya saya masukkan ke loyang ukuran kotak 16 cm yang akan saya 'post' di postingan saya selanjutnya..
Sayangnya, karena sudah lama gak bikin pie..saya keliru memasukkan urut2an membuat pie- nya dan saya terlalu tebal mencetak kulitnya. Jadi sensasi coklatnya agak tertutup dengan rasa 'crust' nya yang menurut saya lebih enak jika 'crust'nya dibuat tipis dan filling -nya diisikan 'full' tidak cuma 3/4 dari wadahnya. Sebab 'filling'-nya setelah keluar dari oven akan menyusut dikarenakan tidak adanya terigu sebagai penopangnya.
Ok,next time mesti saya perhatikan lagi urut2an membuat pie sesuai resep yang saya sukai dan sudah cocok kepunyaan joy of baking yang bisa diklik disini. Lalu mencetak 'crust'nya lebih tipis. Serta memberikan potongan coklat sebelum dituangi filling supaya lebih 'fudgy' dan lebih nyoklaat habis...


Bahan Crust/ Kulit Pie (source:joyofbaking):
195 gr terigu protein sedang
1 btr telur
50 gr gula halus
113 gr mentega/margarin
1/8 sdt garam

Isian/Filling (source: Resep SAJI):
175 gr coklat masak pekat potong kecil2
80 gr margarin
3 kuning telur
180 gr putih telur
1 sdt perasan jeruk nipis/lemon(resep asli tidak pakai)
1/4 sdt garam
60 gr gula pasir

Bahan Taburan:
-Kenari
-chocochips

Cara membuat Crust/ Kulit Pie:
1. Mentega diaduk dengan hand mixer spiral hingga lembut,masukkan gula halus.kocok hingga lembut.
2. Masukkan telur lalu kocok hingga rata. lalu masukkan terigu.aduk hingga berbutir2. Lalu remas2 halus dengan ujung2 jari hingga menyatu.
3. Diamkan adonan di kulkas selama 30 menit.keluarkan lalu cetak di cetakan pie yang sudah dioles margarin.Setelah itu masukkan lagi di kulkas selama 30 menit.
4. Keluarkan dan tusuk2 dengan garpu.
5. Panggang di suhu 170 °C selama 20 menit. 

Cara membuat filling/Isian:
1. Panaskan margarin dan matikan api. Masukkan potongan coklat dan aduk hingga larut. Biarkan hangat dan hilang uap panasnya.
2. Masukkan kuning telur. Aduk rata dan sisihkan.
3. Kocok putih telur dan gula pasir yang dimasukkan sedikit2 hingga stiff peak/kaku tapi masih glossy/mengkilap. Tambahkan 1 sdt air perasan jeruk nipis/lemon. Kocok rata sebentar.
4. Masukkan 1/3 bagian kocokan putih telur ke dalan larutan margarin dan coklat. Aduk balik dengan spatula.
5. Lalu masukkan adonan yang sudah dicampur 1/3 bagian kocokan putih telur ke dalam sisa kocokan putih telur(teknik pancing). Aduk balik dgn spatula hingga rata.
6. Tuang di kulit pie hingga penuh dan taburi dengan kenari.

Penyelesaian:
Panggang pie yang sudah diisi adonan cake coklat tanpa terigu dan ditaburi kenari(saya tambahi dengan taburan chocochips) di suhu 170°C selama 20 menit atau hingga matang.

 Note:
- untuk membuat kulit pie bisa juga dengan food processor. tapi jangan terlalu lama dalam mengaduknya sebab akan menyebabkan terbentuknya gluten dan membuat kulit pie keras dan  bantet.
- bisa juga dengan menggunakan pisau pastry atau garpu. Cara manapun yang Anda pilih, cukup diingat untuk tidak menguleni adonan seperti kita menguleni adonan roti. Perlakukan dengan lembut dan hati2.
- Penggunaan lemak juga berpengaruh terhadap tekstur. berikut dari hasil eksperimen saya selama membuat kulit pie.
  • Full butter: tekstur seperti nastar, aroma wangi.
  • Full margarin:tekstur lebih kokoh dan renyah tapi tidak sewangi jika menggunakan butter.
  • Saya sendiri senang mengkombinasikan butter dan margarin. dengan perbandingan 50 gr butter & 63 gr margarin. sehingga hasilnya ya wangi dan crunchy. Tapi, semua kembali ke selera masing-masing ya...
- untuk tips isiannya bisa dilihat di postingan saya disini
- Saya selalu menggunakantepung terigu protein rendah untuk membuat kulit pie, karena ingin meminimalisir terbentuknya gluten seandainya terjadi 'error' dalam proses pembuatannya seperti yang saya alami di atas. Alhamdulillah saya terselematkan dengan ini...yeahh, 'saved by the flour' ceritanya...^-^




 Happy baking^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar