.feed-links{ display:none;

Selasa, 12 Mei 2015

Flourless Chocolate Cake

Bismillah

FLOURLESS CHOCOLATE CAKE

        Sebenarnya ceritanya saya tidak benar-benar berniat membuat cake coklat tanpa terigu ini secara 'mandiri' tapi saya niatkan resep ini sebagai 'filling' pie.
Seperti yang sudah saya ceritakan panjang x lebar di postingan sebelumnya. Dikarenakan adonannya masih sisa banyak...yaaa akhirnya saya terpaksa mengeluarkan loyang yang belum saya siapkan tetek bengeknya sebelum masuk 'sauna'. Bayangkan,saya mesti cepat2 mencari loyang yang kira2 pas di dalam laci saya yang padat rapat 'penduduk loyangnya':)..belum pula menggunting kertas rotinya dan mengoles dengan minyak goreng. Padahal saya mesti berkejaran dengan adonan cake saya yang rawan 'ambles' karena tidak menggunakan 'cream of tar-tar' di dalamnya. Tahu sendiri kan kocokan putih telur tidak bisa dibiarkan lama2? Yah, Anda boleh tarik nafas dalam2 dan menghembuskannya dengan legaa.. hingga akhir ceritanya,saya berhasil memasukkan 2 loyang pie isi 20 buah dan 1 loyang isian adonan kue coklat sisa ke dalam oven saya yang alhamdulillah lumayan luas 'space'- nya...*fiuuuh sambil lap keringet. And it's done successfully...:)

Cake Coklat (source : SAJI)

Bahan:
175 gr coklat masak pekat potong kecil2
80 gr margarin
3 kuning telur
180 gr putih telur
1 sdt perasan jeruk nipis/lemon(resep asli tidak pakai)
1/4 sdt garam
60 gr gula pasir

Bahan Taburan:
15 gr kenari
chocochips
Cara:
1. Panaskan margarin dan matikan api. Masukkan potongan coklat dan aduk hingga larut. Biarkan hangat dan hilang uap panasnya.
2. Masukkan kuning telur. Aduk rata dan sisihkan.
3. Kocok putih telur dan gula pasir yang dimasukkan sedikit2 hingga stiff peak/kaku tapi masih glossy/mengkilap. Tambahkan 1 sdt air perasan jeruk nipis/lemon. Kocok rata sebentar.
4. Masukkan 1/3 bagian kocokan putih telur ke dalan larutan margarin dan coklat. Aduk balik dengan spatula.
5. Lalu masukkan adonan yang sudah dicampur 1/3 bagian kocokan putih telur tadi ke dalam sisa kocokan putih telur(teknik pancing). Aduk balik dengan spatula hingga rata.
6. Tuang di loyang kotak 16 cm yang sudah dialasi kertas roti dan dioles minyak goreng. Taburi kenari cincang dan chocochips jika suka.
7. Panggang di suhu 170°C selama 35 menit atau hingga matang.
8. Keluarkan dan dinginkan.Potong2 sesuai selera.
9. Dimasukkan kulkas dulu baru disajikan juga lebih enak.

Perhatikan teksturnya yang begitu 'moist' dan 'fudgy'. Sangat sempurna bagi yang ingin makan cake coklat tapi sedang diet tepung terigu. 
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
- mengocok putih telurnya hingga kaku tapi masih mengkilap dan tidak boleh kering.
- mengaduk putih telur ke adonan mentega dan coklat tidak boleh terlalu lama dan keras. Sebab akan menyebabkan adonan cake turun drastis. Penurunan cake wajar terjadi mengingat cake ini tanpa terigu dan ditopang hanya oleh coklat masaknya saja. Tapi, juga tidak boleh 'nyungsep'/ turun terlalu banyak. jika itu terjadi, pasti ada yang salah dalam tahapan pembuatannya atau saat pemanggangannya.

Happy baking...^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar