.feed-links{ display:none;

Sabtu, 30 Mei 2015

White Mousse Cake with Blueberry Jam Topping

Bismillah,

     Dulu awal2 tahu makanan ini dari acara 'ala chef' nya Farah Quinn..Saya pikir dulu 'mousse' dibaca seperti kita membaca 'mouse' (tikus in English). Saya pikir makanan apaan kok tikus dibawa2 segala??..Hadeeuh, ilfeel dong :( (ndeso beneran saya ini)
Nah,setelah nonton demonya si 'celebrity chef' itu baru ngeh kalo mousse itu salah satu menu dessert yang bacanya( mu:s). Bagi yang belum kenal dengan apa itu mousse ,yuk kita tengok bentar apa itu mouse. Eh,salah ding..mousse^-^
      Mousse(baca: mu:s)merupakan salah satu makanan penutup yang berasal dari Perancis yang bisa diartikan secara bahasa yaitu 'foam'(busa dalam bahasa Indonesia). Kenapa disebut busa?ya,karena bahan dasarnya krim kocok atau putih telur kocok sehingga memberikan tekstur antara ringan dan mengembang atau creamy dan kental tergantung dari teknik mana yang kita pakai. Mousse dibagi menjadi  2 rasa: manis dan gurih. Rasa manis biasanya karena kombinasi buah2an segar atau coklat. Sementara yang gurih berasal dari campuran ikan,telur atau liver.
      Sependek yang saya tahu, kita orang Indonesia lebih 'familiar' dengan rasa mousse yang manis ketimbang yang gurih(terutama yang dicampur dengan ikan atau liver)..Masih belum kebayang rasanya 'mousse' ikan lele atau ikan gabus.???..LOL. Ah, kita buat yang pasti2 aja dulu rasanya...biar itu urusan chef2 bintang lima yang mungkin jika di tangan mereka 'mousse ikan' jadi enak tiada taraa...^-^.
     Yang saya buat kali ini inspirasinya dari TCMC- nya Teh Ricke. Cuman saya hanya mengadopsi bagian putihnya saja. Karena ini pertama kalinya saya berurusan dengan mousse. Padahal saya sudah punya beberapa resep yang saya simpan sejak beberapa tahun yang lalu..whaatt?kemana aja selama ini kok baru eksekusi sekarang??..
Maklum, cari gelatinnya itu lho susyaah bingiits terlebih mencari yang berlabel HALAL. Saya mesti nunggu pulang kampung(baca:Surabaya) dulu untuk mendapatkannya. Jadi waktu pulkam,bener2 saya niatin untuk mencari si "Gelatin Halal" ini yang keberadaannya sungguh2 sangat langka di tempat saya tinggal :(. Nah, kebetulan juga ada sisa biskuit coklat tergeletak pasrah di kulkas selama berhari2..Daan ada sisa coklat putih dalam lemari yang saya hitung paas bener dengan jumlah coklat yang dibutuhkan dalam resep...ya,begitulah kalo sudah jodoh..pas semuanya..pas ada gelatin halal,pas ada biskuit coklat,pas ada coklat putih dan pas gak maless*LOL..^-^.
      Hasil akhir dari white mousse ini menurut saya teksturnya lumer seperti es krim. Bahkan cenderung agak 'mblendrek'(boso endi iku seh???)ketika diiris dengan pisau. Padahal sudah diinapkan semalaman di kulkas bawah. Kemungkinan dari penggunaan gelatinnya yang sedikit. Seandainya coklat putihnya diskip alamat ambyar kayaknya. Saya sempat was2 ketika mousse-nya gak set2 di bagian atasnya padahal sudah 6 jam lebih. Dan rasanya agak eneg yang kemungkinan berasal dari campuran krim dan coklat putihnya. Jadi menurut saya, lebih baik meniadakan coklat putihnya saja lain kali (tentunya akan merubah komposisi resep) atau jumlah blueberry jam-nya ditambah. Sebab rasa selai blueberry di bagian atasnya ternyata memberi rasa segar dan mengurangi rasa 'eneg'. Menurut putri saya, lebih enakan rasanya jika dimasukin freezer. Dan ternyata benar, teksturnya jadi gak terlalu cair dan lebih padat seperti es krim yang terjaga suhu dinginnya tapi begitu masuk mulut jadi lumer dan begitu juga dengan crust' nya jd lebih crunchy..Saluut deh untuk putri kecil saya yang sudah menemukan cara jitu menikmati "mousse cake" satu ini.
Btw, daripada keburu malem dengerin saya cerita ngalor ngidul,yuk ah kita langsung ke TKP....


White Mousse Cake with Blueberry Jam Toppping
Adaptasi dari: Ricke Indriani
Modifikasi: Detik Viliana

Bahan Based/Crust (adaptasi resep sajian sedap):
125 gr biskuit sobisco/oreo tanpa krim dihancurkan
65 gr margarin dilelehkan
--->campur jadi 1 lalu cetak di ring bulat diameter 18 cm yang bawahnya dialasi tatakan/gunakan springform. Tekan2 dan masukkan freezer antara 1/2 - 1 jam hingga set.
Bahan Mousse Putih (by Ricke Indriani):
110 gram susu cair (ditimbang)
5 gram gelatin bubuk
2 sdm air
175 gram white cooking chocolate, cincang kasar
300 gram non dairy whip cream dingin (jika dari whip cream bubuk bisa dibuat dari 100 gram whip cream bubuk + 200 ml air es)
Bahan Tambahan:
25 gr selai blueberry untuk topping
Cara membuat:
- Larutkan gelatin dengan 2 sdm air, aduk rata. Diamkan. Gelatin akan menyerap air dan membentuk gel. Sisihkan.
-Panaskan susu cair dengan api kecil, hanya sampai terlihat "bubble"/ busa di bagian pinggirnya yang tandanya mulai mendidih. Matikan api. Masukkan gelatin. Aduk rata dengan hand whisk sampai gelatin benar-benar larut.
Taruh white chocolate cincang dalam wadah agak besar. Tuangi susu panas. Diamkan hingga coklat putih terlihat meleleh. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan. Jaga tetap hangat kuku.
Kocok whip cream hingga setengah kaku (soft peak). Campurkan bertahap ke dalam campuran coklat putih. Aduk rata.
Penyelesaian:
- Keluarkan springform yang berisi crust yang sudah set dari freezer.
- Tuang White Mousse ke dalam loyang lalu ratakan. Masukkan freezer 1/2 set lalu tambahkan selai blueberry di atasnya. Buat pola sembarang dengan tusuk gigi. Lalu masukkan freezer lagi hingga benar2 set atau bisa dimasukkan di kulkas bawah semalaman. Baru bisa dikeluarkan dari loyangnya dan dipotong2.

SELAMAT MENCOBA ^-^

1 komentar: