.feed-links{ display:none;

Sabtu, 30 Mei 2015

Avocado Mousse Cake

Bismillah,


     Masih keranjingan membuat mousse judulnya..^-^. Kali ini saya ingin mousse saya berasa alpukat. Sebenarnya agak trauma berurusan dengan 'si ngeri2 sedap' ini (pinjem istilahnya teman dumay Mba Yekti Budiningsih). Bayangkan saja sudah 3x saya berurusan dengan buah ini dan semuanya berakhir tragis di tong sampah karena hasil akhirnya yang berasa pahit bin getir di lidah. Mulai dari bikin puding alpukat, biji salak alpukat sampe yang terakhir avocado cheesecake...bikin nangis sedih karena membuang2 makanan(baca: mubadzir) :(. Yang paling nyesek yang cheesecake itu. Tahu sendiri kan komposisi untuk membuat cheesecake bahan2nya lumayan? mana pake diniatin disiram ganache pulak...hiks3x. Hingga sekarang, buah alpukat masih menyisakan tanda tanya besar bagi saya. Entah kenapa jika dimasak atau kena panas rasanya jadi getir macam makan buah pare. Saya belum menemukan penjelasan ilmiahnya hingga hari ini.
    Yah lupakanlah sebentar untuk mencampur alpukat dengan bahan lain yang dimasak. Saya sejenak bermain aman dengan tidak memasak alpukatnya. Yaa tanpa memasaknya, cukup dicampur dengan krim kocok dan gelatin (halal) kemudian dimasukkan kulkas. Semudah itukah?yup membuat 'mousse cake' memang tidaklah terlalu sulit. Yang agak lama,membuat based cake-nya. Kali ini saya ingin membuat 'mousse' yang lebih kental dan kenyal dibanding postingan mousse cake saya dulu. Jadi kalau dipotong bisa rapi. Nah,diantara banyak variasi 'based cake ' yang cocok untuk 'mousse alpukat', pilihan saya jatuh pada brownies yang bercitarasa 'western'..yang citarasa coklatnya berlimpah, fudgy dan agak chewy. Untuk itu saya mengadaptasi resep Peppermint Mocha Brownies-nya  Bright Eyed Baker. Menurut saya, rasa alpukat yang creamy sangat pas berpadu dengan rasa coklat yang legit. Supaya lebih nendang lagi,bagian atas mousse disiram dengan ganache yang saya ambil resepnya di blog-nya Teh Ricke ...hmmm,kebayang kan makannya dingin2..rasa mousse alpukat-nya kenyal lembut dipadu dengan browniesnya yang chewy dan berlimpah coklat serta sensasi lelehan coklat ganache-nya...pas rasanya bagi penyuka coklat dan alpukat..

Ini dia resep dan caranya:


Avocado Mousse Cake
by Detik Viliana

Bahan Brownies:
100 gr mentega/margarin(saya 50 gr mentega+50 gr margarin)
130 gr coklat masak,potong2 kecil
----->lelehkan mentega lalu masukkan potongan coklat hingga lumer dan aduk rata.
75 gr terigu protein tinggi/sedang
1 sdt kopi instan bubuk
1/2 sdt garam
----->campur dan ayak jadi satu
2 butir telur
75 gr gula pasir
25 gr coklat masak cacah halus
Chocochip

STEP 1
Cara:
1. Kocok telur dan gula hingga soft peak(putih dan kental berjejak)
2. Masukkan lelehan mentega dan coklat. Kocok dengan kecepatan rendah hingga rata.
3. Masukkan terigu,kopi dan garam yang sudah dicampur sambil diayak di atas adonan. Aduk dengan spatula hingga rata.
4. Masukkan 1/2 adonan ke loyang bulat diameter 18 cm  yang sudah dialasi kertas roti dan dioles margarin/minyak.Taburi 25 gr cacahan halus coklat masak dan chocochips.
5. Tuang sisa adonan lalu ratakan.
6. Panggang di suhu 170°C yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 30-35 menit.
7. Keluarkan dari oven dan dinginkan hingga set(untuk mempercepat setelah agak hangat taruh di kulkas)
8. Lalu keluarkan dari loyang bulat dan masukkan ke loyang ring diameter 18 cm.

Bahan Avocado Mousse (adaptasi dari buku resep "Dessert" oleh Sally Taylor):
220 gr alpukat
160 gr krim kental
15 gr gelatin
1 sdt perasan jeruk lemon /nipis
3 sdm gula pasir

STEP 2
Cara:
1. Blender alpukat dan gula hingga halus.
2. Masukkan gelatin bubuk ke mangkok yang sudah diisi 5 sdm air selama 5 menit.
3. Tim gelatin hingga larut dan berwarna bening.
4. Masukkan gelatin ke dalam alpukat yang sudah halus tadi.
5. Sementara itu di tempat lain, kocok krim kental hingga soft peak dan tidak perlu sampai kaku.
6. Campurkan krim kental ke dalam adonan alpukat hingga rata.

STEP 3
- Tuang adonan mousse ke atas brownies yang sudah set dalam loyang springform/ring. Masukkan freeezer hingga set atasnya. Lalu bisa dilanjutkan membuat ganache

Ganache(source: Ricke Indriani):
--->saya gunakan hanya 1/2 resep dari yang dibawah ini:
115 gr coklat masak
80 gr heavy cream
3 sdm madu
1 sdm minyak sayur/goreng
------>panaskan krim kental (tidak perlu sampai mendidih cukup ada buih2 di pinggiran wadahnya). Angkat.Masukkan potongan coklat masak dan aduk2 hingga larut. Tambahkan madu dan minyak sayur lalu aduk hingga rata.

STEP 4(Finishing)
♥ Keluarkan loyang berisi brownies yang sudah ditutupi avocado mousse dari freezer. Tuang ganache pelan2 dan ratakan. Masukkan kulkas semalaman hingga benar2 set. Baru loyang bongkar pasangnya bisa dilepas.

NOTE:
- Untuk mempermudah dan praktis, sebaiknya gunakan loyang bongpas/springfom supaya tidak kerja 2x seperti saya. Jadi, brownies-nya tidak perlu dipindah-pindah.
- Bagi penyuka rasa manis, adonan mousse alpukat-nya bisa ditambahkan gula pasir.
- Jika ingin tekstur mousse alpukat yang lebih lumer, maka jumlah gelatinnya bisa dikurangi maksimal hingga setengahnya dari takaran yang ada di resep.
- Jangan mengeruk buah alpukat terlalu dalam supaya tidak pahit.


SELAMAT MENCOBA ^-^




1 komentar: