.feed-links{ display:none;

Jumat, 29 Agustus 2014

Hongkong Egg Tart ( Pie Susu)

      Sebenarnya saya tidak punya referensi rasa apa pun tentang pie susu ini. Sebab, yang saya tahu dan kenal hanya pie dengan topping vla dan buah yang dilapisi dengan agar bening di bagian atasnya supaya tampak 'glossy' dan vla tetap 'diam' di keranjang pie-nya..
     Ada 2 jenis tekstur dan rasa pie crust atau dasarnya pie menurut saya. Yang pertama, bertekstur rapuh (jawa :ngeprul ) dan berasa seperti nastar  karena adanya tambahan telur. Dan yang kedua, bertekstur kokoh (tapi tidak keras ya..kalau keras lain ceritanya) dan berasa 'crunchy'.
     Saya pernah punya pengalaman merasakan pie yang keras seperti yang sudah  saya sebutkan di atas. Ini beda dengan 'crunchy'. Berdasar pengalaman saya, ini dikarenakan teknik mengaduk adonannya yang kurang benar (mis: terlalu semangaat menguleni sehingga terjadi overmix). Membuat pie ini mudah asal tehniknya benar. Kuncinya ada di tehnik mencampur adonannya harus ada 'chemistry' penuh kelembutan dan kesabaran.
Hongkong egg tart bisa juga disebut Cantonese/ Chinese Egg Tart atau di Indonesia kita sebut Pie Susu. 
Hongkong Egg tart adalah sejenis 'custard tart pastry' yg dijumpai di Portugal, Inggris, Hongkong dan banyak negera Asia yg terdiri dari kulit luar(pastry crust) yang diisi dengan vla susu yang dipanggang. Custard tarts dikenalkan pada tahun 1940- an di Hongkong oleh Cha Chaan Tengs yang aslinya diambil  dari  kata "pastel de nata" (Portuguese Egg Tarts). Egg Tart dikembangkan dari kue Portuguese egg tart yang sejenis yang dikenal dengan nama pastel de nata,yang berkelana hingga Hongkong melalui Koloni Portugis di Makau. Hongkong egg tarts merupakan adaptasi dari English Custard Tart. Hal ini disebabkan daerah Canton lebih sering berhubungan dengan Barat ketimbang dengan sebagian besar wilayah China. Selain itu juga disebabkan Hongkong merupakan wilayah pertama koloni Inggris sehingga tidak heran jika Hongkong mengadaptasi kuliner Inggris (sumber dari : Wikipedia)
Demikianlah sekelumit sejarah singkat Hongkong Egg Tart yang mirip dengan Portuguese Egg Tart.
Yup,daripada lebih jauh berputar-putar membahas sejarahnya. Labih baik kita mulai tengok dapur untuk mempersiapkan bahan dan step-stepnya..




Crust (source: www. joyofbaking.com)
195 gr all purpose flour
1 btr telur
50 gr gula halus
113 gr mentega/margarin
1/8 sdt garam
Vla--->annielicious
125 ml susu uht
75 gr gula pasir
75 ml air panas
1/4 sdt vanilla
1/2 sdt garam
2 btr telur

Cara:
 Pie crust
-Mentega diaduk dg hand mixer hg lembut,masukkan gula halus kocok hingga lembut.
-lalu masukkan telur aduk hg menyatu.lalu masukkan terigu.aduk hg menyatu lalu diamkan adonan di kulkas selama 30 menit
-Keluarkan dan cetak di cetakan pie yg sudah dioles margarin.Setelah itu masukkan lagi di kulkas selama 30 menit.
Vla:
-Larutkan gula pasir dengan air panas. Lalu sisihkan hingga uap panasnya hilang dan dingin (tujuannya: jk masih panas langsung dicampur telur, telurnya bisa menggumpal..) 
-Aduk susu,telur,garam dan vanilla
-Lalu masukkan ke larutan gula aduk rata dan saring.

Penyelesaian:
- Panaskan oven 180°c selama 15 menit.
- Keluarkan pie yg sdh dicetak dari kulkas.
- Isi dg vla susu.Panggang selama kurang lebih 30 menit.
- Lalu dinginkan dan keluarkan dr cetakan..



 
 

  • Setelah adonan pie yg sudah dicetak dikeluarkan dari kulkas tusuk dengan garpu supaya tidak terlalu menggelembung saat dipanggang. 
  • Jika tampak adonan menggelembung saat dipanggang, keluarkan sebentar dan diamkan hingga adonan vla kembali rata.
  • Saat mengocok mentega gunakan garpu, atau hand mixer dengan ujung spiral bukan yang berbentuk 'baloon whisk' sebab kita hanya mau adonan mentega lumer dan lembut tidak sampai mengembang.
 

HAPPY BAKING :-)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar