.feed-links{ display:none;

Minggu, 12 Juli 2015

Nasberry Crumble

 NASBERRY CRUMBLE




Bismillah,
Sebenarnya saya paling malas kalau disuruh bikin kue kering, karenanya seumur hidup baru 2x bikin kue kering. Nggak heran dech kalau pengalaman saya di kue kering rendah banget alias tiarap *LOL:)
Gegara ngelihat postingan mba Tiara Kusumawardhani di facebook, iman saya jadi goyah untuk ikutan eksekusi si 'nasberry crumble' yang lagi 'happening' di grup NCC. Dan sekilas saya lihat resep dan caranya kelihatan mudah. Serta sesekali saya juga ingin menyajikan kue kering buatan sendiri di lebaran tahun ini yang kurang beberapa hari lagi..in syaa Allah.

Yap bahan2nya gampang dan 'ready stock', mulailah saya singsingkan lengan daster untuk mengeksekusinya. Oh no,ternyata cara membentuk mangkuk di tengah untuk tempat filling gak semudah yang saya bayangkan. Awal mula karena ingin ukuran 'one bite size', saya cetak dengan sendok takar 1/2 tsp lalu setelah dibulatin,saya tekan dengan punggung sendok takar 1/4 sdt. Jadinya keciiil banget mirip kancing baju, crumble nya juga tidak menempel dengan rapi(kelihatan gundul) dan bagian tengahnya tidak cekung sempurna meski secara rasa sudah pas. Karena rasa penasaran, setelah matang saya mengadoni lagi 1/2 resep. Belajar dari cookies batch 1, saya merubah takarannya menjadi 1 tsp. Hasilnya sudah lebih bagus dibanding yang pertama. Dengan teknik yang sama, bentuknya jadi lebih besar. Namun bentuknya jadi lebih ceper dan cekungannya juga tidak sempurna. Yaa, selainya serasa menumpang di atasnya bukan mengisinya...*hedeeuh.

Dua hari saya mencari ilham(sampe segitunya..:)). Saya browsing sana sini, dan ketemu video tutorial 'thumbprint cookies' dari berbagai sumber. Dari situ, saya merubah teknik yang diinstruksikan di resep dengan teknik thumbprint cookies. Adonan dibentuk cekungan, setelah ditaburi 'crumble'. Alhamdulillah, hasilnya luar biasa seperti layaknya seorang profesional. Dari 1 resep, yang tidak sempurna bentuknya hanya 2 buah. Crumblenya menutup sempurna,cekungannya pun sempurna dan ukurannya pas 'one bite size'.

Over all, resep yang di-share mba Dame Tobing ini enak, pas manisnya, renyah serta rasa asam di bagian tengahnya memberikan keseimbangan rasa segar (terimakasih share resepnya ya mba :).

Bagi yang ingin bentuk 'nasberry crumble' sempurna untuk mendukung rasa yang sudah enaak..(ilfeel kan kalo bentuknya gak bagus meski rasanya selangit)..Yuk,disimak cara2nya berikut ini:


Nasberry Crumble 

Source : Dame Tobing
Rebaked and technique modification by : Detik Viliana



BAHAN2:
Adonan Nastar:
200gr margarin/mentega
275gr terigu
1sdm susu bubuk
1sdm maizena/sagu/tapioka
50gr gula halus

Adonan crumble :
-aduk dengan garpu hingga berpasir
25gr margarin
25gr gula pasir
50gr tepung terigu
 
Isian :
Selai blueberry (saya isi dengan black cherry dan blackberry)
 
Olesan :
1 kuning telur (saya gunakan1 butir telur)


CARA MEMBUAT :( lihat step2 di gambar searah jarum jam)

 1. Adonan Nastar: kocok margarin, gula halus dan susu bubuk (jangan terlalu lama asal rata aja) sekitar 2 menit an, lalu masukkan semua tepung dan aduk rata memakai sendok/spatula.

2. Ambil adonan dengan sendok takar ukuran 1 tsp. Lalu bulat2 adonan dan tata di loyang yang sudah dioles minyak/margarin. Lakukan hingga adonan habis. 

3. Masukkan ke kocokan telur.

4. Lalu masukkan ke adonan crumble. Tepuk2 untuk meratakan.Taruh lagi di loyang. Lakukan hingga selesai.
 


 

5. Tekan bagian tengah adonan dengan gagang kayu/besi yang berujung bulat dan kecil (saya pakai botol mainan anak saya).

6. Setelah semua selesai, lalu tusuk2 dengan tusuk gigi supaya tidak menggelembung saat dipanggang.

7. Panggang selama 25 menit (saya 35 menit)
 atau sampai kecoklatan dan matang dengan suhu 160°C. Keluarkan dari oven. tunggu hingga agak dingin.

8. Isi semua cookies dengan selai, lalu panggang lagi sekitar 5 menit lalu angkat dan dinginkan.





Setelah  keluar dari oven, diamkan sebentar di loyang cookies sekitar 10 menit, lalu dinginkan di atas rak kawat. Penampakan nasberry crumble yang begitu rapi layaknya seorang profesional bukan?padahal amatiran banget...he3x ^-^




Detik's Note:
- Saat mencetak cekungan dengan menekan ujung botol mainan plastik, adonan pasti akan retak2 pinggirnya. Rapikan dengan jari-jari kita dengan menekan pelan-pelan untuk menyatukannya.
- Isi selai menggunakan piping bag supaya rapi dan tidak belepotan. 
 


#SELAMAT MENCOBA  & SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H#

Taqobbalallahu minna wa minkum. taqobbal ya kariim. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT dan semoga bisa dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan. Aamiin.

1 komentar: