.feed-links{ display:none;

Senin, 30 Juni 2014

Kue Lumpur Kentang Sifon(Chiffon Potato Mud Cake)

Bismillah....  
       Sebenarnya saya bukan penggemar kue lumpur. Sepengetahuan saya tekstur kue lumpur itu berasa kenyal dan lengket kalau dipegang. Dan rasanya perpaduan antara gurih dan manis serta sedikit kenyal gitu. Itulah mungkin sebabnya disebut kue lumpur karena teksturnya yang agak berair serta 'muddy'.
      Dikarenakan suami kangen makan kue lumpur,akhirnya dengan segenap daya mencoba mencari dan membandingkan beberapa resep kue lumpur.
Rupanya, ada berbagai macam tehnik pembuatan kue lumpur. Ada yang dipanggang di atas kompor macam kue bikang, ada yang dikukus dan yang terakhir dengan cara dioven.
    Setelah menimbang-nimbang,saya tertarik dengan resep Ny.Tuti Soenardi. Saya memilih resep ini,karena melihat komposisi kentang yang lebih banyak ketimbang terigu. Kemudian,tehnik buatnya seperti pembuatan chiffon cake.Jadi,bayangan saya hasilnya adalah kue lumpur yg berasa kentaaang bangett..dan light..
Ah,daripada tambah ngelantur kemana2..langsung to the point aja lah.....
bahan:
250 gr kentang kukus dihaluskan
50 gr terigu
1 kuning telur
2 putih telur
50 gr gula pasir
50 gr margarin dicairkan
100 ml susu uht
1 sdt vanili(saya pake 1/2 sdt)
kismis untuk hiasan

cara:
☆ kocok putih telur setengah mengembang kemudian masukkan gula pasir seujung sendok makan lalu kocok dengan mixer hingga kaku.sisihkan
☆ kocok kuning telur dan gula pasir hingga kental dan pucat.
☆ masukkan kentang yang sudah dihaluskan.aduk dengan spatula.
☆lalu masukkan terigu dengan diayak lalu aduk rata.
☆ Masukkan margarin cair dan vanili.aduk balik.
☆terakhir masukkan putih telur kocok lalu aduk balik hingga rata.(Jangan sampai overmix ya)
☆panggang di suhu 180°C selama kurang lebih 40 menit atau hingga kecoklatan


Seperti inilah hasil akhir adonan sebelum dipanggang.
Karena tidak punya cetakan kue lumpur,akhirnya pakai cetakan pie. Gak nyangka hasilnya jadi lebih cantik dan 
imut...;)
Note: jangan lupa cetakan pie nya dioles dengan margarin dulu lalu ditaburi dengan terigu tipis-tipis.
Ternyata resep ini hasilnya memang seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Teksturnya mirip chiffon cake tapi berasa kentang dan rasanya 'light'.
Bagi pecinta kue lumpur yang 'pakem' dengan rasa kenyal yang padat dan tekstur rapat sebaiknya tidak disarankan menggunakan resep ini. Bisa juga dengan resep ini tapi dengan modifikasi mungkin dengan tidak mengocok putih telur secara terpisah.
Over all,bagi saya pecinta cake yg ringan, resep ini membuka cakrawala baru bahwa ada jenis kue lumpur dengan tampilan dan rasa yang lebih modern dan moderat(ini bahas makanan atau fashion ya..xixixi).
By the way,saya berusaha jujur dengan hasil akhir rasa dari resep ini. Supaya gak kecewa di belakang dan menggumam"Ini chiffon cake kentang atau kue lumpur ya?".
ya, semua tergantung ke selera masing-masing saja.

Happy Baking ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar